Macam Resolusi pada Citra Satelit Pengindraan Jauh

Macam Resolusi pada Citra Satelit Pengindraan Jauh

Saat ini, citra satelit pengindraan jauh mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berbagai satelit telah diciptakan dan diluncurkan untuk mengorbit mengelilingi bumi. Satelit-satelit tersebut menghasilkan citra dengan resolusi spasial dan resolusi temporal yang beragam. Hal ini telah diatur oleh sistem dengan sedemikian rupa dan untuk tujuan tertentu.

Resolusi spasial adalah unit terkecil ukuran jarak, biasanya dihitung pada satu sisi ukuran objek yang dapat dikenali pada suatu citra. Satuan resolusi spasial adalah ukuran pixel (picture element). Ukuran pixel yang dihasilkan merupakan kombinasi antara sitem wahana dan sensor. Ukuran pixel mencerminkan tingkat kedetailan perekaman objek dan kualitas data.

Resolusi temporal adalah frekuensi perekaman data pada suatu area yang sama. Resolusi temporal juga dapat didefinisikan sebagai waktu yang dibutuhkan bagi satelit untuk menghasilkan citra pada cakupan tempat yang sama. Citra multitemporal (misalnya perekaman pada berbagai bulan atau berbagai tahun) digunakan untuk kegiatan observasi yang berulang, mengamati proses suatu kejadian, dan memantau/mendeteksi perubahan yang terjadi di suatu tempat.

Resolusi radiometrik adalah ukuran kemampuan sensor dalam merekam atau mengindra perbedaan terkecil antara suatu objek dan objek yang lain (ukuran kepekaan sensor). Resolusi radiometrik berhubungan dengan kekuatan sinyal, kondisi atmosfer (hamburan, serapan, tutupan awan), dan saluran spektral yang digunakan. Sebelum diolah dan digunakan, citra pengindraan harus diproses dengan koreksi radiometrik. Hal ini bertujuan agar kondisi objek yang ada pada citra menjadi lebih sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Selain resolusi spasial, resolusi temporal, dan resolusi radiometrik, terdapat juga resolusi spektral. Resolusi spektral merupakan ukuran kemampuan sensor dalam memisahkan objek pada beberapa kisaran panjang gelombang. Dengan jumlah saluran (band) yang sempit dan banyak, maka pengguna atau peneliti dapat memilih kombinasi terbaik yang sesuai dengan tujuan analisis agar mendapatkan hasil yang optimal. Citra Landsat TM memiliki 7 band dengan lebar setiap band sempit, namun dengan rentang yang lebar (mulai dari band biru hingga band termal). Citra SPOT 5 memiliki 4 band dengan rentang dari band hijau hingga inframerah. Berdasarkan perbandingan tersebut, dapat disimpulkan bahwa citra Landsat TM memiliki resolusi spektral yang lebih panjang dibandingkan dengan citra SPOT 5.


Baca Artikel Lainnya: